Monday 11 April 2016

Kita cermat Belajar Tepat



KIAT CERMAT BELAJAR TEPAT
Nama Kelompok :
Nurul Hidayatun Ni’mah        (1310110198)
Nailul Mushofa                       (1310110200)
Ihda Faizatul Hidayah            (1310110210)
Hidayatul Murtasyiyah           (1310110211)
Rani Setyaningrum                 (1310110223)
Khafidlotur Rofiah                 (1310110225)
Siti Royani                              (1310110228)

Artikel Preskriptif
Untuk Peserta Didik dalam Mencapai Belajar yang Efektif dan Efisien

Belajar adalah hal yang penting dan dibutuhkan bagi semua orang khususnya bagi peserta didik. Dengan belajar kita dapat memahami dan mengetahui tentang hal yang belum kita ketahui. Sebaliknya jika tidak belajar, kita tidak akan tahu mengenai hal-hal yang dapat bermanfaat bagi kita dan akan selalu tertinggal dengan orang yang giat belajar. “Orang pandai yang malas belajar akan kalah dengan orang yang kurang pandai yang giat belajar”. Setiap orang memiliki cara sendiri dalam melakukan kegiatan belajar. Untuk kalian yang merasa sulit dalam belajar, disinilah tempat bacaan yang tepat untuk kalian yang merasa kesulitan dalam menempatkan posisi belajar anda menjadi belajar yang nyaman dan tepat. Berikut beberapa kiat untuk menjadikan berhasilnya kegiatan belajar anda:
1.    Berdo’a
Dalam melakukan sesuatu harus disertai do’a, baik itu sebelum melakukan maupun sesudah selesai melakukan suatu perbuatan. Sama halnya dengan belajar, kita harus mengawali belajar dengan berdo’a dan mengakhirinya juga dengan berdo’a. Sebagai umat manusia yang terdapat berbagai macam agama di dunia maka kita cukup berdo’a sesuai dengan keyakinan kita masing-masing.
2.    Suasana
Suasana yang dimaksud disini dapat berupa suasana dari segi tempat dan keadaan. Suasana harus bisa diciptakan senyaman mungkin, tempat bersih bebas dari kotoran dan keadaan kondusif tidak terdapat gangguan sedikitpun. Mengenai tempat duduk bisa diposisikan yang nyaman sesuai keinginan kita saat belajar dan kebutuhan yang diperlukan saat belajar harus tersedia terlebih dahulu. Dengan penciptaan suasana nyaman dapat menumbuhkan inspirasi dan mudah memahami apa yang sedang dipelajari.
3.    Fokus
Salah satu tujuan seseorang melakukan kegiatan belajar adalah agar belajar tepat sesuai sasaran, baik sasaran dalam memanage waktu ataupun sasaran materi yang ingin dicapai. Dalam hal ini, dalam kegiatan belajar seseorang haruslah memulai belajarnya dengan memfokuskan pandangan belajarnya pada hal yang akan dipelajari, dengan tujuan belajar tersebut mampu menjadi proses belajar yang efektif dan efisien. Namun, untuk melakukan hal ini tentulah tidak mudah. Seseorang harus mampu mengatur fikirannya untuk selalu tetap fokus dan konsen pada materi itu saja, tidak bisa dipungkiri bahwa hal tersebut sangatlah susah. Oleh karena itu, untuk mencapai belajar yang fokus seseorang harus memiliki catatan kecil mengenai hal apa yang akan ia capai mengenai materi tersebut, dengan tujuan agar belajarnya tidak melebar kemana-mana dan tidak fokus pada acuan sebelumnya.
4.    Target
Salah satu upaya dalam memperoleh belajar yang berkualitas adalah dengan menentukan tujuan atau target yang akan dicapai. Dengan memiliki targer kita akan lebih mudah dalam mencapai hal yang akan kita pelajari, tentunya dalam kegiatan ini sangatlah dibutuhkan adanya motivasi, baik motivasi internal ataupun eksternal. Karna dengan kita memiliki target kita akan berusaha semaksimal mungkin untuk mencapai target tersebut, dengan berpandang pada target seseorang akan lebih giat dan cermat dalam melakukan kegiatan belajarnya.
5.    Waktu
Kita harus memahami waktu yang tepat dan efektif dalam belajar. Ada beberapa waktu yang dapat dijadikan waktu belajar yang tepat. Yang pertamaialah saat pagi hari, belajar di pagi hari sangat baik karena setelah otak dan tubuh diistirahatkan maka kondisi pikiran masih fresh dan bugar sehingga mudah untuk menyerap ilmu yang akan dipelajari. Yang kedua ialah belajar setelah pulang dari sekolah, hal ini penting guna mengingat memori pelajaran yang telah dipelajari di sekolah. Yang ketiga ialah sebelum tidur, belajar sebelum tidur baik agar nantinya apa yang sudah dipelajari bisa teringat walaupun dalam keadaan tidur. Yang keempat ialah belajar saat terdapat waktu luang. Ada saatnya kita memiliki waktu luang dan alangkah baiknya jika waktu tersebut digunakan belajar seperti membaca atau mencoba mengerjakan soal-soal mata pelajaran.
6.    Meringkas
Meringkas merupakan kagiatan siswa untuk menulis informasi atau kalimat-kalimat yang penting dari suatu buku bacaan. Meringkas sangat membantu seseorang dalam melakukan kegiatan belajar. Dalam kegiatan meringkas terdapat hal-hal yang perlu diperhatikan yaitu menyingkat materi yang padat menjadi materi yang singkat dan tentunya haruslah sesuai dengan bahasa kita sendiri. Karena dengan menggunakan bahasa sendiri kita akan menjadi lebih mudah dalam memahami materi yang sedang kira pelajari.
7.    Kesehatan
Kondisi tubuh merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar. Kondisi tubuh yang sehat akan menjadikan seseorang lebih mudah dalam menangkap materi yang ia pelajari, begitupun sebaliknya jika kondisi tubuh dalam posisi sakit maka seseorang tersebut akan lemah dalam menangkap materi yang ia pelajari. Kesehatan bukan hanya terletak pada sebelum kita belajar, namun kesehatan juga perlu kita perhatikan ketika berlangsungnya belajar. Misalnya ketika mata kita telah terasa lelah, tentunya sangatlah penting kita untuk sejenak mengistirahatkan mata kita agar supaya tidak menjadikan mata menjadi sakit. Alasan kenapa kita harus istirahat yakni dengan kita memperbanyak belajar pada satu waktu hasilnya tidak akan maksimal, namun jika kita belajar disetiap waktu meskipun hanya sedikit itu akan menjadikan belajar yang maksimal.
8.    Tipe Belajar
Penting bagi kita untuk mengenali tipe atau jenis belajar seperti apa yang nyaman dan sesuai dengan pribadi kita masing-masing. Jika kita suka belajar dengan simbol-simbol maka kita bisa menggunakan gambar-gambar atau sumber yang melibatkan visual yang nantinya dapat dianalisis dan dipelajari. Kita juga bisa menggunakan media audio jika kita nyaman belajar menggunakan bantuan suara. Media audio saat belajar bisa dengan mendengarkan lagu-lagu yang kita sukai yang nantinya bisa mendukung proses belajar.

Oleh karena itu, jangan jadikan belajar sebagai kewajiban namun jadikanlah belajar sebagai kebutuhan kita. Selamat Belajar danSemoga Berhasil!!!

No comments:

Post a Comment